Demi Lindungi Bangau, China Bangun Terowongan Kedap Suara Rp402 Miliar

ilustrasi

China membangun terowongan kereta api cepat kedap suara sepanjang dua kilometer yang menghabiskan 187 juta Yuan atau sekitar Rp402,05 miliar di Provinsi Guangdong.

Global Times melaporkan Senin 14 Mei 2018, terowongan kedap suara yang berada di ruas jalur Jiangmen-Maoming hingga Taman Burung itu merupakan yang pertama di dunia.

Terowongan tersebut untuk melindungi bangau dan beberapa jenis burung lainnya dari polusi suara.

Jalur kereta api cepat berjarak sekitar 800 meter dari Taman Burung yang merupakan salah satu tempat observasi dan habitat alami terbesar di daratan Tiongkok bagi sekitar 30 ribu ekor burung.

Beberapa waktu lalu, saat berkesempatan mengelilingi Taman Burung di wilayah selatan China tersebut, dengan menumpang perahu untuk melihat dari dekat beragam jenis burung.

Pengurangan getaran, kebisingan, dan polusi di sepanjang jalur kereta api merupakan hal yang penting bagi lingkungan dan kesehatan burung, demikian pernyataan pihak China Railway Guangzhou Group.

Manajer proyek tersebut menjelaskan bahwa penerapan desain kedap menyeluruh dan teknologi senyap suara pertama kali digunakan di dunia kereta api cepat, demikian dikutip Chinanews.com.

Facebook Comments

Translate »