For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Enggak Harus Mahal, DA62 MPP Jadi Solusi Murah dan Canggih untuk Misi Khusus

DA62 MPP (multipurpose platform)  adalah pesawat misi khusus baru yang dikembangkan oleh Diamond Aircraft Industries. Didasarkan pada pesawat ringan twin-engine DA62, MP62 DA62 diluncurkan pada Paris Air Show 2017.

Pesawat ini merupakan platform yang ideal untuk tugas penegakan hukum, investigasi, pengawasan darat dan pantai, misi manajemen bencana, pemantauan infrastruktur dan lingkungan.

Desain dan Dimensi

Pesawat ini menggunakan komposit carbon dengan aerodinamis canggih. Fuselage konstruksi monocoque dengan subsistem tahan korosi. Struktur ini mengintegrasikan teknologi keselamatan pasif generasi baru untuk memberikan perlindungan awak  berkinerja tinggi dan superior.

Kabin yang dioptimalkan secara ergonomis menyediakan ruang yang cukup untuk menampung hingga dua pilot dan dua operator. Awak bisa masuk dan keluar dari pesawat yang dibuka ke samping. Badan pesawat juga menawarkan volume penyimpanan yang cukup untuk peralatan misi dan sistem.

MPP DA62 memiliki panjang 9.19 meter, tinggi 2.82m dan lebar sayap 14.55m dengan  berat kosong 1.590kg dan berat lepas landas maksimum (MTOW) 2.300 kg. Pesawat bisa membawa muatan maksimal 710kg.

Avionik

Kokpit dari DA62 MPP mengintegrasikan suite avionik mutakhir Garmin G1000 NXi dan sistem kontrol penerbangan otomatis  GFC700  dengan flight director dan yaw damper.

Dek penerbangan terintegrasi Garmin G1000 dilengkapi dengan primary and multifunction displays resolusi tinggi, GMC/GCU remote controllers, sebuah  air data computer, air data and attitude heading reference system (ADAHRS), sebuah magnetometer dan sebuah transponder.

Suite avionik juga mengintegrasikan teknologi identifikasi permukaan dan peringatan automatic dependent surveillance-broadcast (ADS-B) untuk  trafik dan data penerbangan.

Sistem misi khusus

Bagian hidung menjadi rumah elektro-optik (EO) / inframerah (IR) dengan berat maksimum hingga 100kg. Bagian bawah pesawat dapat mendukung muatan hingga 50kg untuk aplikasi radar maritim atau darat. Pesawat ini juga mengintegrasikan pod komunikasi satelit (SATCOM) yang membawa antena L, Ku dan Ka-band.

Pesawat ini juga dilengkapi dengan stasiun operator dengan konsol untuk satu atau dua operator guna mengendalikan dan memantau sensor on-board. DA62MPP juga menawarkan solusi turnkey misi khusus.

Solusi turnkey mencakup platform penginderaan jarak jauh tetap, sensor udara, data-link, dan stasiun berbasis darat. Operator juga dilengkapi dengan dukungan global, suku cadang, perkakas, transportasi dan pelatihan pilot, operator dan perawatan.

Mesin

MPP DA62 didukung oleh dua mesin turbo-charged Austro Engine AE330 yang menyuntikkan bahan bakar jet 2.0l  dilengkapi dengan electronic engine control unit (EECU).  Mesinnya kompatibel dengan bahan bakar jet Jet A-1, Jet A, TS-1, RT, No. 3 dan bahan bakar JP-8. Pesawat membakar 28 liter / jam, sementara memanfaatkan 35% tenaga pada kecepatan pengaman.

Pesawat bisa membawa muatan bahan bakar maksimal 326 liter. Tangki utamanya memiliki kapasitas untuk menampung 189 liter , sementara tangki tambahan bisa membawa bahan bakar.

Kinerja

Pesawat ini memiliki kecepatan operasional minimum 140km / jam dan bisa terbang dengan kecepatan maksimal 352km / jam. Daya tahan udara maksimum pesawat terbang adalah 11,7 jam. MPP DA62 dapat mencapai jangkauan maksimum 1.356 km dengan kekuatan 50% pada ketinggian 14.000 kaki.

Jarak take-off yang dibutuhkan untuk pesawat adalah 883 m, sedangkan ground roll / landing distance yang dibutuhkan untuk operasi pendaratan adalah 441m / 779m. Pesawat bisa mencapai ketinggian maksimum 6.096 m. Kemampuan ini memberikan kinerja superior dibanding pesawat turboprop konvensional yang lebih besar dan mahal.

Facebook Comments