For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

II-76 Candid, Simbol Keperkasaan Otot Soviet

Il-76 MDK

Ilyushin II-76 Candid adalah pesawat yang menjadi landmark desain era Soviet.  Pesawat tranposrtasi berat empat mesin pertama Rusia yang digagas dan digunakan untuk membawa kargo militer strategis ke pangkalan udara garis depan dalam kondisi operasional yang ekstrem.

Prototip II-76 melakukan penerbangan pertama pada tahun 1971. Pesawat dimaksudkan untuk menggantikan An-12.

Sementara produksi dimulai pada tahun 1974. Pesawat transportasi dasar II-76 (penyebutan NATO sebagai Candid-A) dibangun murni untuk layanan militer.

Pesawat terlibat luas luas selama perang Soviet di Afghanistan. Lebih dari 800 pesawat dibangun, serta sejumlah versi khusus. Il-76 saat ini dalam pelayanan dengan Rusia, Aljazair, Belarus, China, Kuba, India, Iran, Libya, Korea Utara, Suriah dan Ukraina.

Pesawat ini dirancang untuk membawa kendaraan dan mesin berat ke  lapangan udara yang buruk.

Pesawat dapat beroperasi dari landasan pacu pendek dan tak beraspal. Il-76 juga dapat mengatasi kondisi cuaca terburuk dan ekstrem seperti di wilayah Siberia dan Arktik.

Pesawat dikenal tangguh hingga badan pesawat digunakan untuk berbagai varian termasuk untuk peran dukungan tempur.

Sebuah varian khusus lainnya telah dikembangkan untuk peran rumah sakit mobile, pelatihan kosmonot dan pos komando udara, platform laser dan pemadam kebakaran.

Varian:

  • Il-76M (Candid-B) adalah versi militer dari II-76T (Candid-A), dengan tambahan bahan bakar, berat operasi yang lebih tinggi, bertekanan penuh, dan penanganan angkutan peralatan dalam palka.
  • Il-76MD (Candid-B) adalah versi militer dari II-76TD (Candid-A) dengan mesin uprated D-30KP-2 turbofan untuk mempertahankan kinerja yang lebih tinggi, meningkatkan kapasitas bahan bakar dan sayap diperkuat.
  • II-78 (Midas) adalah varian untuk tanker pengisian bahan bakar Angkatan Udara Rusia.
  • Beriev A-50 (Mainstay) adalah varian yang dikembangkan untuk peran AWACS dengan radar pencari Shmel dipasang di rotodome besar di atas pesawat. Sekitar 25 pesawat ini dibangun
  • Beriev A-60 adalah varian untuk pesawat tes laser. Dua pesawat varian ini dibangun, namun sedikit yang diketahui tentang proyek ini.

Facebook Comments