Putin: Kim Jong Un Cerdik dan Menang Atas Barat

KCNA

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersikap “cerdik dan dewasa” dan telah memenangkan kebuntuan terakhir dengan Barat mengenai program nuklir dan misilnya.

“Saya pikir Kim Jong Un telah memenangkan putaran ini, dia telah menyelesaikan tugas strategisnya: dia memiliki senjata nuklir, dia memiliki rudal jangkauan global, sampai 13.000 km, yang bisa mencapai hampir semua titik di dunia,” kata Putin mengatakan kepada wartawan Kamis 11 Januari 2018.

Rusia menjadi negara yang ikut mendukung Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk menjatukan sanksi internasional terhadap Korea Utara mengenai program nuklirnya, namun mendesak Barat untuk menahan diri dan meminta agar perundingan mengenai masalah tersebut.

Putin mengulangi bahwa dialog dengan Korea Utara dijamin, dan mengatakan Kim sekarang ingin menenangkan situasi. “Dia sudah menjadi politisi yang cerdik dan matang,” kata Putin.

Korea Utara dan Korea Selatan mengadakan pembicaraan pada hari Selasa setelah masa ketegangan yang berkepanjangan di semenanjung Korea mengenai program rudal dan nuklir Korea Utara.

Facebook Comments

Translate »