For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

10 Pesawat Ikonik dari Italia

Italia telah berkembang sebagai salah satu negara produsen pesawat di dunia. Sejak era Perang Dunia II negara ini telah melahirkan pesawat tempur. Industri kedirgantaran mereka juga telah melahirkan berbagai pesawat yang cukup terkenal hingga saat ini. Dan berikut 10 pesawat paling ikonik dari Italia

italia piagio

Piaggio P180 Avanti

Pesawat VIP enam kursi dari Piaggio yang bersaing dengan jet bisnis, tetapi pesawat ini menjadi satu-satunya pesawat twin-turboprop di pasar. Dalam pelayanan sejak tahun 1990, P180 sekarang telah ada dalam versi ketiga, yang dikenal sebagai Evo, dan telah melahirkan varian misi khusus dan pengintai tanpa awak, yang disebut hammerhead P.1HH, diperintahkan oleh angkatan bersenjata Italia

italia tecnam

TECNAM P2010

Produsen TECNAM berada di dekat Naples dan merupakan perusahaan yang relatif muda yang membangun pesawat sejak 1980-an. Perusahaan ini baru melahirkan pesawat sayap tinggi empat kursi dengan mesin tunggal piston P2010 dengan mengambil Skylane Cessna dan Skyhawk sebagai dasar.

italia vul

Vulcanair

Vulcanair berbasis di Naples mewarisi sisa-sisa Partenvia dan P68 dengan piston-kembar yang dibangun pada tahun 1998, dan tak lama setelah mengembangkan A-Viator dengan non-pressurised Rolls-Royce 250B17C-powered stretch. Pesawat twin-turboprop sebagian besar ditujukan untuk pasar surveilans, meskipun Vulcanair menunjukkan bahwa bisa dikonfigurasi untuk kargo atau penggunaan VIP.

italia c-27

Alenia Aermacchi C-27J

Dalam pelayanan sejak tahun 2006, C-27J Spartan adalah unggulan industri kedirgantaraan militer Italia. Digunakan oleh US Coast Guard dan angkatan udara Italia, pesawat transportasi yang merupakan turunan dari G.222 Alenia sebelumnya. Pada bulan Oktober, Alenia Aermacchi mengumumkan rencana untuk paket tambahan yang akan menjadi standar dasar dari akhir 2017. Ini akan mencakup perubahan sayap dan uprated mesin Rolls-Royce AE 2100 untuk meningkatkan berat maksimum take-off.

italia m-346

Alenia Aermacchi M-346

M-346 adalah pesawat tercepat yang pernah dibangun Italia. Jet pelatih canggih mulai beroperasi pada 2013 dengan angkatan udara Italia dan Singapura dan juga telah dipesan oleh Israel. Alenia Aermacchi sejauh ini telah mengirimkan 12 pesawat ke Singapura dan 17  ke Israel dari 30 total pemesanan. Pesawat ini juga di bawah kontrak untuk memproduksi delapan pesawat untuk Polandia, dan sedang bersaing untuk program pengadaan jet latih Amerika.

SIAI Marchetti FN.333

italia siai

Dirancang oleh Nardi di tahun 1950-an dan diproduksi oleh SIAI-Marchetti pada tahun 1960, FN.333 Riviera adalah pesawat yang sedikit. Hanya 29 pesawat amfibi ini dibangun dan segelintir masih tetap beroperasi.

italia macchi

Macchi C.202

The Macchi C.202 Folgore (Thunderbolt) bisa dibilang sebagai pesawat Perang Dunia II yang memiliki dampak yang paling penting. Didukung oleh mesin liquid-cooled Daimler-Benz, pesawat sayap rendah masuk ke layanan pada tahun 1941, tak lama setelah Italia bergabung perang. Meskipun beberapa terus dalam pelayanan setelah Italia menyerah kepada Sekutu pada tahun 1943, masa kejayaannya telah berlalu.

italia riat

Fiat G.91 Aeritalia

Ini jet era Perang Dingin – dijuluki Gina – adalah hasil dari Italia memenangkan kompetisi NATO pada 1953 untuk jet ringan. Pesawat masuk layanan dengan angkatan udara Italia dan Jerman Barat, dengan Portugal bergabung dalam daftar pelanggan kemudian. Pesawat mulai beroperasi pada tahun 1958 dan sekitar 760 pesawat diproduksi selama tiga dekade berikutnya.

italia agusta

AgustaWestland AW609

Meskipun tidak murni buatan Italia karena awalnya dibangun dengan Bell dari Amerika Serikat. AW609 yang menggabungkan teknologi pesawat dan tiltmotor ini sekarang sedang diuji oleh AgustaWestland sendiri dengan sertifikasi direncanakan diperoleh 2017. Produsen helikopter Italia mengharapkan akan menggunakan mesin jenis Pratt & Whitney Canada PT6 setelah memasuki layanan pada tahun 2017.

italia aw

AgustaWestland AW129

Menenggunakan mesin Rolls-Royce Gem AW129 Mangusta adalah helikopter serangan Eropa pertama dan memasuki layanan dengan Angkatan Darat Italia pada 1990-an. Turki Aerospace Industries telah mengembangkan turunan T129 untuk tentara Turki.

Sumber: Flightglobal

Facebook Comments