For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Tak Perlu Banyak Bicara, Sudan Sudah Terima Su-35

Su-35

Tanpa perlu banyak bicara, Sudan ternyata telah menerima jet tempur Su-35 dari Rusia. Sudan menjadi negara Arab pertama yang mendapatkan jet tempur super manuver tersebut.

Al Arabiya melapiorkan Minggu 20 November 2017, batch pertama yang dikirimkan pada akhir pekan lalu. Wakil Komandan angkatan udara Sudan, Salahuddin Abdul Khaliq Saeed, mengumumkan kesepakatan tersebut pada bulan Maret.

Dia mengatakan kepada kantor berita Sputnik bahwa pesawat tersebut akan memberikan kontribusi pada konsolidasi pertahanan Sudan dan akan memberikan perlindungan dari ancaman apapun.

Tidak disebutkan berapa jet tempur yang dikirim

Pengumuman ini disampaikan sesaat sebelum kunjungan pertama Presiden Yan Omar Ahmed al-Bashir ke Moskow pada hari Kamis. Kunjungan akan mencakup sejumlah kesepakatan tingkat tinggi yang diharapkan ada antara kedua negara.

Madibou mengatakan bahwa Sudan bercita-cita untuk mendapatkan keuntungan dari Rusia dalam mengembangkan berbagai sumber alamnya dan percaya bahwa Rusia dalah mitra nyata untuk mendukung ekonomi dan keamanan nasional.

“Kunjungan tersebut akan menyaksikan penandatanganan kesepakatan penting di bidang minyak dan pertambangan dan mendapatkan keuntungan dari teknologi Rusia dan akan membuka jalan bagi Rusia untuk mendapatkan keuntungan lebih dari beragam sumber daya kami,” kata Madibou kepada Al Arabiya.

Masih belum jelas apakah Bashir dijadwalkan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Kremlin hanya mengkonfirmasi kunjungannya tapi bukan pertemuannya.

Facebook Comments