For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Ukraina Bangun T-64BM Bulat dan BM Oplot, Apa Bedanya?

Meski kerap diejek oleh media Rusia, Ukraina harus diakui merupakan negara yang melahirkan banyak tank terbaik di dunia. Negara ini menempati posisi terdepan dalam produksi dan pengembangan tank tempur utama yang paling canggih. Jangan lupa Tank T-34, T-64, dan T-80 dilahirkan di wilayah ini.

Saat ini  , perusahaan pertahanan Ukraina memiliki kesempatan untuk mengembangkan generasi baru tank tempur utama seperti  T-64BM Bulat dan BM Oplot.

Pertanyaannya, hebat mana Bulat atau Oplot? Tujuan utama dari tank Bulat dan Oplot adalah untuk  memberikan kekuatan serangan mobile formasi lapis bajadengan  menutup dan menghancurkan kendaraan tempur lapis baja lawan, sekaligus memberikan perlindungan bagi awak  di lingkungan tempur manapun.

Desain T-64BM Bulat

T-64BM Bulat

T-64BM Bulat merupakan upgrade dari tank tempur utama T-64 Soviet yang dikembangkan oleh Kharkiv Morozov Machine Building Design Bureau (KMDB).

Tank ini telah menjalani perbaikan dalam hal armor dan meriam smoothbore 2A46M-1 125mm yang telah meningkatkan jangkauan dan kemampuan membunuh. T-64BM dilengkapi dengan loader otomatis.

Jarak maksimum efektif tembakan adalah 1.500 m. Tank Bulat juga kompatibel dengan peluru kendali anti-tank 9K119 (yang oleh NATO  ditunjuk sebagai AT-11 Sniper), jangkauannya bisa mencapai 5.000 m. Persenjataan sekunder dari T-64BM Bulat terdiri dari senapan mesin koaksial 7,62 mm dan senapan mesin anti-pesawat 12,7 mm yang dioperasikan dari jarak jauh.

Tank seri Bulat dilengkapi mesin diesel multi bahan bakar 850 horsepower 5TDFM. Jarak tempuh taktisnya sekitar 385 km. Tank memiliki berat tempur 45 ton. Meski berat T-64BM bisa mencapai kecepatan tertinggi hampir 37 km per jam.

Tank Bulat dilengkapi dengan baju modil reaktif “Nozh” modular baru untuk menggagalkan amunisi yang coba menghancurkan armor. Armor tank dapat memberikan perlindungan dari serangan senjata anti-tank modern  namun mudah dalam perawatan  dan perlu perbaikan.

NEXT: BM OPLOT
Facebook Comments