For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Reparasi Admiral Nakhimov Mundur Setahun, Apakah Ada Masalah? Tidak Juga

Battlecruiser kelas Kirov Admiral Nakhimov telah berada di dok kering selama bertahun-tahun untuk perbaikan. Kapal raksasa itu dijanjikan akan kembali ke laut sebagai sebuah kekuatan yang benar-benar baru dengan senjata dan sensor yang jauh lebih mematikan.

Angkatan Laut Rusia berencana akan memiliki dua kapal kelas Kirov  yang beroperasi secara bersamaan dan akan menjadi yang pertama dalam hampir dua dekade terakhir. Tetapi untuk mencapai tujuan ini, jalan panjang harus ditempuh.

Reparasi Admiral Nakhimov harus diselesaikan, setelah itu Admiral Pyotr Veliky (Peter the Great), yang saat ini beroperasi dengan sebagian besar dilengkapi teknologi Soviet akan ganti masuk dok kering guna perbaikan dan upgrade. Ketika Pyotr Veliky sudah selesai dibesut agar memiliki standar Admiral Nakhimov yang baru, keduanya baru bisa berkeliaran secara bersamaan di lautan selama beberapa dekade mendatang.

Melaksanakan sebuah reparasi besar pada rakasasa bertenaga nuklir seberat 28 ribu ton dan telah menganggur selama lebih dari satu dekade lebih di Laut Putih yang dingin bukanlah pekerjaan sepele.

Admiral Nakhimov/Sputnik

Sebenarnya, prakarsa Angkatan Laut Rusia untuk mereparasi Admiral Nakhimov telah berumur satu dekade, tetapi pekerjaan benar-benar mulai meningkat pada tahun 2014.  Dan kini kabar terakhir penyelesaian reparasi itu akan mundur lagi setahun menjadi 2021.

Setelah Soviet runtuh Admiral Nakhimov yang semula bernama Kalinin, tidak sesuai dengan armada Angkatan Laut Rusia, namun kapal tetap disimpan dan dan dijadwalkan untuk kembali ke laut dengan kekuatan yang jauh lebih besar.

Awalnya proyek ini akan berakhir pada akhir dekade ini, sekitar tahun 2018. Kemudian diputuskan mundur tahun 2019, lalu mundur lagi ke 2020 dan sekarang ke 2001.  Pengunduran ini terdengar seperti rintihan dari ketidakmampuan Rusia untuk meningkatkan kekuatan militernya, tetapi dalam kasus ini yang tampak justru sebaliknya.

Gambar dan video yang muncul baru-baru ini dari kombatan permukaan raksasa tersebut menunjukkan bahwa Admiral Nakhimov memang mendapat banyak perubahan, dengan banyak bagian kapal benar-benar dirombak, terutama area di mana senjata dan sensor baru akan ditempatkan. Semua bagian seperti baru. Kapal telah benar-benar dilucuti dan tidak diragukan reparasi tidak hanya facelift kosmetik Dengan pekerjaan yang sangat besar ini, Rusia ingin reparasi benar-benar maksimal hingga jika mundur lagi itu adalah hal yang masuk akal.

Dengan perombakan yang sangat besar ini tidak mungkin akan menghasilkan sesuatu yang sederhana. Admiral Nakhimov, yang diluncurkan pada tahun 1986 memang akan lahir menjadi monster dengan kekuatan baru yang sangat menakutkan.

Reparasi kapal akan mencakup memasang 174 tabung peluncur vertikal  yang akan menjadi paling banyak dari kapal tempur permukaan atau kapal selam lainnya di dunia. Sebanyak 80 tabung  akan diisi dengan rudal jelajah modern Rusia, seperti rudal subsonic Kalibr, rudal supersonik Onix, dan konon rudal hipersonik Zirkon.

Selain itu, kemampuan pertahanan udara kapal akan disesuaikan dari sistem S-400 dan akan memiliki sisa tabung yang dilengkapi dengan keluarga rudal yang terkait dengannya (40N6, 48N6, 9M96). Selain itu, hampir semua sistem tempur  di kapal tersebut konon akan diganti dengan komponen modern dan banyak sistem lain kapal juga akan dirombak. Pekerjaan sedang dilakukan oleh galangan kapal Sevmash.

 

Setelah selesai, kedua kapal Kelas Kirov akan berfungsi sebagai pusat armada kapal Rusia dan akan menjadi kapal tempur terbesar Rusia yang beroperasi sampai setelah kapal induk Admiral Kuzetsov.

Beberapa orang berpendapat bahwa menempatkan begitu banyak ke dinosaurus ini dari era Perang Dingin adalah pemborosan dana  yang bisa digunakan untuk membangun kombatan permukaan yang lebih kecil dan lebih banyak kapal selam.

Pyotr Veliky

Tetapi tidak semuanya benar Pyotr Veliky kemungkinan akan jauh lebih murah untuk dimodifikasi karena dalam kondisi operasional yang baik saat ini dan Admiral Nakhimov telah menjadi template eksperimental untuk mereparasi

Destroyer Project 23560, juga dikenal sebagai kelas Lider, dipandang sebagai pengganti potensial untuk kelas Kirov. Tapi program itu telah disisihkan sebelum bahkan bisa dimulai dengan benar karena masalah anggaran. Dengan kondisi in maka Kelas Kirov akan menjadi petarung Rusia yang sangat diandalkan.

Facebook Comments