For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Menembus Batas Kecepatan Suara

F/A-18 Super Hornet / USAF

Sebuah foto menarik yang menunjukkan  F / A-18E Super Hornet memecahkan penghalang suara di atas kapal induk USS George H.W. Bush selama  demonstrasi udara di atas Samudera Atlantik 20 Agustus 2017. Kapal dan kelompok tempur kapal tersebut pulang ke rumah dari penempatan tujuh bulan.

Ketika sebuah pesawat memecah kecepatan suara atau yang dikenal sebagai sonic boom maka akan memunculkan awan kondensi di sekitar pesawat hingga menghasilkan gambar yang spektakuler. Tidak mudah untuk bisa mengambil gambar pada momentum ini.

Hanya ada kesempatan kurang dari satu detik untuk bisa menangkapnya. Sonic boom adalah efek yang benar-benar sulit untuk dilihat. Dibutuhkan hanya milidetik.

Suara yang dihasilkan juga sangat keras. Gelombang kejut sebuah pesawat yang memecah hambatan bahkan  akan dengan mudah menghancurkan jendela, seperti dua jet ini lakukan di Brasil kembali pada tahun 2012. Lihat saja rekaman di bawah ini:

Jet tempur Mirage 2000 ini baru nyaris menembus hambatan suara, tetapi menghasilkan shockwave yang cukup besar hingga menghancurkan banyak jendela di gedung Mahkamah Agung Brasil. Tidak ada yang terluka tapi tindakan ini memang sedikit gila.

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah militer telah menggunakan sonic boom sebagai sebuah senjata? Jawabannya adalah ya!. Angkatan Udara Israel, khususnya, telah menggunakan taktik ini untuk memberi peringatan sejak tahun 1970-an dan masih berjalan hingga saat ini ketika mereka ingin mengirim pesan yang kurang lebih berbunyi “kita tidak suka dengan apa yang Anda lakukan, silakan menahan diri, karena jika anda teruskan maka akan anda akan mendapatkan hal buruk”

Tetapi tentunya sonic boom hanya efektif untuk digunakan membentak lawan yang lemah dan tidak memiliki sistem pertahanan udara. Karena tentu sangat berisiko terbang rendah di wilayah yang memiliki sistem pertahanan udara canggih.

Getaran bahkan terasa meski pesawat dalam jarak yang jauh. Pada Januari 2016 misalnya rumah-rumah di New Jersey Amerika bergetar dan warga ketakutan karena ada gempa. Para pejabat militer AS kemudian mengonfirmasi getaran itu berasal dari F-35C Joint Strike Fighter yang melakukan  sejumlah sonic boom selama tes penerbangan di lepas pantai New Jersey yang jaraknya cukup jauh.

Facebook Comments