For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Vietnam Beli 64 Tank T-90S Rusia

T-90SK

Vietnam belum berhenti dalam meningkatkan kekuatan militernya. Perusahaan UralVagonZavod (UVZ) Rusia telah menandatangani kontrak untuk menyediakan 64 tank tempur utama generasi ketiga T-90S untuk Angkatan Darat  Vietnam.

Dalam laporan perusahaan 2016 yang dipublikasikan pada  Selasa 11 Juli 2017 mengidentifikasi kontrak luar negeri di antara prioritasnya, dengan catatan, antara lain “kontrak dengan  Kontraktor 704 untuk mengirimkan 64 tank T-90S / SK.” Berdasarkan standar kode  negara Rusia, nomor 704 diberikan kepada Vietnam.

Sebelumnya pada  Oktober 2016 Direktur perusahaan Uralvagonzavod Rusia mengatakan kepada surat kabar Izvestiya Rusia bahwa Tentara Rakyat Vietnam (PAVN) sedang melakukan negosiasi pembelian hingga 100 tank T-90 Rusia. Apakah 64 tank yang disebutkan dalam laporan tersebut adalah tank tambahan atau hasil akhir dari negosiasi tidak jelas.

Main Battle Tank T-90S  adalah sistem senjata hi-tech generasi baru yang dikembangkan dengan memanfaatkan pengalaman sepanjang abad yang diperoleh di dunia dan industri pertahanan Rusia, pelajaran dari penggunaan tank di berbagai negara di seluruh dunia, dan analisis layanan lapangan serta percobaan intensif mereka di lingkungan yang paling berat.

T-90S adalah kendaraan tempur rodal tracked yang menampilkan persenjataan mematikan, sistem kontrol tembakan yang canggih, perlindungan armor berat dan manuver yang tinggi.

Persenjataan utamanya adalah meriam smoothbore  125mm dengan sistem boresighting built-in dan laras pelepas cepat.  Autoloader memastikan tingkat tembakan yang tinggi (7 sampai 8 putaran per menit) yang  membedakan T-90S dengan  sebagian besar MBT asing.

Beban amunisi meliputi putaran APFSDS, HE dan HEAT yang berperforma tinggi. Kemampuan senjata tank  untuk melibatkan target darat dan udara tingkat rendah telah ditingkatkan melalui penggunaan sistem rudal yang dipandu: rudal HEAT-beam-riding HEOP.

Sebuah senapan mesin  12.7mm memungkinkan komandan untuk memberikan titik api tepat sasaran di udara dan darat menggunakan aktuator kendali jarak jauh.

Tank  dilengkapi dengan sistem kontrol tembakan otomatis yang memungkinkan penembak dan komandan untuk secara efektif memecat senapan, mesin koaksial dan senapan mesin antipesawat pada saat berhenti dan bergerak, siang dan malam.

T-90SK  dirancang untuk memberikan perintah dan kontrol terhadap unit-unit bawahan, memfasilitasi komunikasi dengan komandan  dan menjadi tank komando.

Tank komando ini merupakan turunan dari tank T-90S dan dibedakan dengan radio R-168-100KBE HF, peralatan navigasi tank TNA-4-3 dan lingkaran tujuan PAB-2M.

Spesifikasi dasarnya setara dengan model dasar T-90S. Sistem persenjataan komando, sistem proteksi, pembangkit tenaga listrik, transmisi,  perangkat penglihatan, deep-water fording kit, self-entrenching equipment,  dan  peralatan pembersihan ranjau mirip dengan MBT T-90S.

Kolonel Nyugen Khak Ngyuety dari Tentara Rakyat Vietnam pada 2016 mengatakan Sputnik bahwa Hanoi tetap berpaling ke Rusia karena sejarah panjang menggunakan tank yang dibangun Soviet.

Selama Perang Vietnam pada 1960-an dan 70-an, Vietnam menggunakan tank tempur T-54 dan tank serang amfibi PT-59, serta salinan Cina dari T-54. Tank-tank ini sangat berharga selama pertempuran 1975 untuk Ho Chi Minh.

Baca juga:

Mega Deal, Rusia Berharap Mesir Beli 500 T-90SM

Facebook Comments