For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

10 Pesawat AWAC Paling Banyak Digunakan di Dunia

7: Shaanxi Y-8 (13)

7

Dipasang juga pada pesawat 737, versi awal China dari Shaanxi Y-8 memiliki sebutan KJ-200. Angkatan udara China memiliki tujuh pesawat. Sementara Angkatan Laut China memiliki tiga.

Angkatan udara Pakistan juga telah mengakuisisi tiga pesawat- dengan keempat dalam rencana – dan menunjuk jenis ini  sebagai ZDK-03.

8: Westland Sea King 7 (10)

8

Dijuluki “baggers” dengan membawa radar Thales Searchwater 2000, Sea King 7 AEW & Royal Navy menyediakan kemampuan AEW organik yang dikerahkan dari kapal permukaan.

Juga diterbangkan secara luas dalam peran pengawasan atas darat dan dikerahkan ke Afghanistan sampai akhir tahun 2014 lalu, varian ini mendekati akhir dari layanan, dengan 10 armada yang pensiun antara 2016-2018.

Kementerian Pertahanan telah memilih untuk menginstal sistem pengganti dijuluki Crowsnest pada 10 helikopter AgustaWestland AW101 Merlin HM2 anti-kapal selam. Inggris akan mengikuti angkatan laut Italia dalam mengoperasikan AW101 dalam peran AEW & C, dengan Roma memiliki empat pesawat.

9: Elta Sistem CAEW  (6)

9

Israel dan Singapura saat ini mengoperasikan enam jet bisnis Gulfstream G550 yang telah dimodifikasi secara luas ke standar ‘conformal AEW (CAEW) oleh Elta Sistem,  anak perusahaan Israel Aerospace Industries. Italia juga akan menerima dua pesawat. Menggunakan sistem Phalcon yang dikembangkan IAI dan telah terintegrasi ke Boeing 707. Contoh tunggal diterbangkan oleh angkatan udara Israel dan Chile.

10: Boeing E-767 (4)

10

Pengalaman Boeing pada E-3 AWACS menyebabkan perusahaan mampu memiliki kemampuan dalam pengembangan dengan platform baru 767. Jepang adalah satu-satunya negara yang menerbangkan pesawat ini jenga jumlah empat dari E-767 varian

 

Facebook Comments