For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

TNI AU Berencana Tambah 134 Pesawat

Su-30MKI Indonesia

TNI Angkatan Udara  berencana menambah 134 pesawat dari berbagai jenis selain alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang lain mendukung pertahanan wilayah udara Indonesia.

“Tergantung pemerintah memberikan berapa  tahun ini, totalnya 134 pesawat sasaran dari berbagai jenis. Dari PT DI ada pesawat Puma/Superpuma. Belum ada rencana mengganti Hercules, tetap jadi tulang punggung TNI AU,” ujar Kepala Dinas Penerangan (Dispen) TNI AU Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya di Jakarta, Minggu 9 April 2017.

Dalam Renstra ke-2 tahun 2015-2019, TNI Angkatan Udara akan menambah berbagai macam alutsista di antaranya pengganti pesawat F-5, penambahan Radar dari yang ada 20 radar menjadi 32 radar dengan penambahan 12 radar lagi, penambahan pesawat angkut ringan Cassa 212 sebanyak sembilan pesawat.

Selain itu juga akan melakukan penambahan pesawat helikopter untuk Combat SAR yang sedang berjala dan penambahan pesawat helikopter multi fungsi yang dapat digunakan untuk angkut pasukan maupun digunakan untuk SAR.

Ke depan, menurut Jemi sebagaimana dilaporkan Republika, TNI AU ingin pesawat early warning (peringatan dini) yang bisa mengkover kegiatan wilayah operasi udara.

 

 

Facebook Comments