For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Hong Kong akan Kembalikan Kendaraan Lapis Baja Singapura Yang Disita

Setelah sempat menjadi polemik panjang, Hong Kong menyatakan akan mengembalikan sembilan kendaraan militer Singapura yang disita pada November lalu.

Sebelumnya kendaraan infanteri Terrex disita dalam perjalanan mereka saat kembali dari Taiwan untuk latihan. Insiden tersebut memicu sengketa diplomatik antara Singapura dan Cina, yang memiliki kedaulatan atas Hong Kong.

Para pejabat Hong Kong mengatakan telah terjadi dugaan pelanggaran hukum dan mungkin ada penuntutan pidana. Singapura telah menuntut pembebasan kendaraan militer mereka, yang diangkut oleh operator komersial.

  • Baca: Kendaraan Lapis Baja Singapura di Hong Kong Harus Dilelehkan

Mereka mengklaim itu milik negara berdaulat sehingga memiliki kekebalan diplomatik. Atas insiden penyitaan tersebut Beijing sempat marah. Mengingat dukungan Singapura untuk negara-negara yang menentang klaim ke daerah-daerah besar wilayah diperebutkan di Laut Cina Selatan.

Singapura juga memiliki hubungan dekat dengan Taiwan. Sehingga mereka melatih pasukannya di sana selama beberapa dekade.  Para pejabat Hong Kong, pada Selasa 24 Januari 2017 telah menyelesaikan penyelidikan dan kendaraan akan dikirim kembali. Tapi tindakan hukum selanjutnya masih bisa diambil.

Kementerian Luar Negeri Singapura menilai ini adalah hasil positif. “Kami berterima kasih kepada Hong Kong untuk kerja sama dalam menyelesaikan masalah ini.

Facebook Comments