Amerika Rilis Strategi Hadapi Armagedon

Gedung Putih telah menerbitkan sebuah laporan setebal 25 halaman yang berjudul ‘National Near-Earth Object Preparedness Strategy’. Dokumen ini menyebutkan rincian  strategi yang harus dilakukan ketika ada objek angkasa seperti ‘asteroid pembunuh ‘ ditemukan  di jalur tabrakan dengan Bumi.

Laporan ini ditulis oleh Interagency Working Group (IWG) untuk mendeteksi dan mengurangi tambarakan objek ruang angkasa ke bumi atau Detecting and Mitigating the Impact of Earth-bound Near-Earth Objects (DAMIEN)

Tujuan dokumen ini adalah untuk  mencari untuk meningkatkan kesiapan Amerika  mengatasi bahaya dari hantaman objek dekat bumi atau near-Earth object (NEO) dengan meningkatkan integrasi aset nasional dan internasional yang ada dan menambahkan kemampuan penting yang saat ini kurang.

Dokumen ini menguraikan tujuh tujuan  termasuk untuk meningkatkan deteksi dan karakterisasi NEO, untuk meningkatkan pemodelan dan prediksi perilaku mereka. Setelah itu kemudian akan dikembangkan   untuk membelokkan dan mengganggu mereka.

Selain itu juga mengembangkan prosedur darurat dalam skenario tabrakan harus terjadi,  membangun respon dampak dan prosedur pemulihan ,  meningkatkan dan mendukung kerjasama internasional dalam hal terjadi risiko hantaman  NEO, serta mengkoordinasikan komunikasi dari instansi pemerintah terkait dan membentuk serangkaian prosedur jika potensi tabrakan tedeteksi.

Laporan itu muncul setelah Desember 2016 dari ilmuwan senior NASA Joseph Nuth mengatakan “Tidak banyak yang kita bisa lakukan  untuk menghadapi serangan asteroid.”

Nuth mengklaim bahwa jika ukuran NEO yang signifikan ditemukan berada di jalur tabrakan dengan Bumi, tidak akan ada cukup waktu untuk membangun sebuah perangkat defleksi.

Pada bulan Agustus 2015, NASA menerbitkan sebuah laporan yang mengatakan bahwa semua yang dikenal asteroid berpotensi berbahaya memiliki “kurang dari 0,01% kesempatan untuk menbarak  bumi dalam 100 tahun ke depan.”

Namun, selalu ada kemungkinan bahwa sebelumnya “asteroid pembunuh” yang tidak terdeteksi kemudian muncul. B612 Foundation, sebuah organisasi nirlaba pemburu NEO, mengatakan bahwa ada satu juta asteroid lebih kecil yang mungkin bisa menghancurkan  sebuah kota atau mungkin meruntuhkan ekonomi dunia yang belum teridentifikasi NASA.

Laporan ini mengidentifikasi potensi dampak NEO sebagai-probabilitas rendah, tetapi dengan konsekuensi bahaya tinggi yang  menimbulkan tantangan yang signifikan dan kompleks.

Bahkan asteroid cukup kecil, seperti meteorit Chelyabinsk yang meledak atas Rusia pada 2013, dapat menyebabkan kerusakan besar. Yang lebih besar, seperti meteor Chicxulub yang menabrak bumi sekitar 66 juta tahun yang lalu, bisa membunuh sebagian besar kehidupan di permukaan planet.

Dokumen ini mengingatkan pada sebuah film berjudul Armagedon (kiamat) di mana ada sebuah asteroid raksasa menuju bumi dan NASA mengirimkan sejumlah orang untuk mendarat dan menghancurkan asteroid tersebut.

Baca juga:

5  Fakta Planet Kesembilan yang Penuh Misteri

Facebook Comments