Rusia Sukses Uji Rudal Balistik Intercontinental Topol

Pasukan Rudal Strategis Rusia telah sukses melakukan uji coba peluncuran rudal balistik antar benua RS-12M Topol.

Kementerian Pertahanan mengatakan Jumat 9 September 2016 rudal, diluncurkan dari kosmodrom Plesetsk di barat laut Rusia dan telah mencapai target yang ditetapkan di semenanjung Kamchatka  dengan presisi tinggi.

“Rudal balsitik intercontinental  Topol berhasil diluncurkan dari kosmodrom  Plesetsk selama tahap akhir dari pelatihan komando dan staf Pasukan Rudal Strategis  yang dilakukan di bawah pimpinan Komandan Pasukan Rudal Strategis Kolonel Jenderal Sergei Karakayev. Sebuah rudal balistik antarbenua Topol telah berhasil diluncurkan dari kosmodrom Plesetsk,” tulis Kementerian Pertahanan Rusia dalam akun Twitter-nya.

Kementerian Pertahanan juga mengatakan tujuan peluncuran ini adalah untuk memverifikasi spesifikasi rudal Topol serta pengujian peralatan perspektif tempur serta penetrasi rudal. Seluruh tujuan yang ditetapkan diklaim tercapai sepenuhnya.

“Hulu ledak rudal percobaan telah mencapai target simulasi di semenanjung Kamchatka dengan presisi tinggi. Hasil peluncuran akan digunakan dalam pengembangan lebih lanjut dari efektivitas rudal balistik Rusia,” tambah Kementerian Pertahanan.

RS-12M Topol /Sputnik

Rudal RS-12M Topol (SS-25 Sickle) adalah satu-hulu ledak rudal balistik antar, yang mulai beroperasi pada tahun 1985.

Rudal ini memiliki jangkauan maksimum 10.000 km (6.125 mil) dan dapat membawa hulu ledak nuklir dengan hingga 550 kiloton.

Baca juga:

Tampang Sangar Topol

Facebook Comments