Singapura Bayar Lagi Rp144 Miliar untuk Perawatan dan Pelatihan F-15SG di AS

Wikipedia

Kantor program penjualan militer ke asing atau Foreign Military Sales (FMS) Amerika Serikat telah memberikan kontrak senilai US$ 11 juta atau sekitar Rp144 miliar untuk meneruskan jasa pemeliharaan dan pengoperasian pesawat tempur F-15SG milik skuadron pelatihan tempur Singapura yang berbasis di Mountain Home Air Force Base, Idaho.

Sebagaimana dilaporkan Defense News, kontrak diberikan kepada PKL Services, Inc. yang berbasis di California pada 6 September 2016 yang merupaka kelanjutan dari FMS yang dimulai pada tahun 2012 selama lima tahun senilai US$51 juta (sekitar Rp668 miliar) yang juga diberikan kepada PKL.

Meski kontrak diberikan kantor program FSM, tentu saja uangnya berasal dari Singapura.

428th Fighter Squadron Angkatan Udara Singapura di bawah 366th Fighter Wing 366th Contracting Squadron di Mountain Home melakukan pelatihan.

Singapura juga memiliki skuadron pelatihan pesawat F-16 di Luke Air Force Base, Arizona. Negara kecil ini terpaksa menempatkan pesawat-pesawat tempur canggihnya serta pelatihan pilotnya di Amerika karena tidak memiliki tempat dan ruang yang memadahi.

Baca juga:

Harus Diakui, F-15 Singapura Salah Satu Eagle Terbaik di Dunia

Facebook Comments