For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Seongju County Korea Selatan Kandidat Kuat Tuan Rumah THAAD

Korea Selatan dan Amerika Serikat telah memilih Seongju County di Provinsi Gyeongsang Utara sebagai tempat untuk penempatan baterai Terminal High Altitude Area Defense (THAAD).

Menurut sumber pemerintah yang dikutip Korea Times Selasa 12 Juli 2016 pemerintah akan mengumumkan keputusan akhir pada 22 Juli setelah persetujuan dari Menteri Pertahanan kedua negara.

Seoul dan Washington pada Jumat 7 Juli 2016 mengumumkan bahwa mereka akan menyebarkan sistem rudal pertahanan THAAD di Korea Selatan untuk melawan ancaman Korea Utara yang semakin meningkat.

“Setelah ulasan yang luas tentang calon lokasi, sekutu telah mencapai kesimpulan bahwa Seongju menjadi situs optimal untuk THAAD dan mereka sedang dalam tahap akhir dari prosedur administrasi,” kata seorang sumber pemerintah.

Sumber tersebut mengatakan bahwa kecuali faktor tak terduga, Seongju County akan menjadi rumah untuk THAAD.

korea THADD

Angkatan Udara saat ini mengoperasikan sistem rudal permukaan ke udara Hawk di daerah ini dan jika THAAD datang ke kota, Hawk akan dipindahkan ke daerah lain.

Seongju di luar jangkauan dari peluncur roket Korea Utara yang dikerahkan di sepanjang perbatasannya dengan Korea Selatan dan THAAD dapat melindungi fasilitas kunci AS di Pyeongtaek, Provinsi Gyeonggi dan Daegu, jika ditempatkan di sana.

“Jika THAAD ditempatkan di Seongju County, dapat berkontribusi untuk menyediakan pertahanan udara terhadap ancaman rudal Korea Utara untuk kantor pusat militer Gyeryongdae Korea Selatan di Provinsi Chungcheong Selatan serta pangkalan militer AS di Gunsan, Daeu dan Pyeongtaek,” kata seorang pejabat militer.

Warga yang menjadi calon tuan rumah THAAD memprotes rencana tersebut karena gelombang elektromagnetik membawa potensi keamanan dan ancaman lingkungan.

“Unit rudal kami [Hawk] berlokasi di daerah pegunungan, jadi saya berharap THAAD juga akan mengikuti,” kata Menteri Pertahanan Han Min-koo kepada anggota parlemen, Selasa.

Situs yang digunakan oleh 170 pasukan Hawk baterai dapat menampung baterai THAAD terdiri dari 120 personil tanpa membeli lahan tambahan.

Di bawah Status of Forces Agreement (SOFA), Korea Selatan akan bertanggung jawab untuk menyediakan lahan dan fasilitas relevan untuk menjadi tuan rumah THAAD sementara Amerika Serikat akan mendanai penyebaran dan operasi. Satu baterai THAAD mencapai biaya sekitar US$1,3 miliar.

Kantor Seongju County sangat menentang kemungkinan penyebaran THAAD di wilayah ini.

“Situs yang dibahas untuk THAAD adalah daerah yang paling padat penduduknya di daerah ini, mengekspos warga untuk gelombang elektromagnetik berbahaya dan mengancam hak mereka untuk hidup,” kata kata Executive County Kim Hyang-gon. “Selain itu, penyebaran THAAD akan merusak produksi melon di kabupaten itu, menjatuhkan perekonomian daerah.”

Pada hari Selasa, county menggelar kampanye untuk membatalkan rencana penggelaran sistem anti-rudal di wilayah tersebut.

Facebook Comments