For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Pakistan Ingin Beli F-35

f-35 norwegia 3

Pakistan akan terus menambah kekuatan pesawat tempur merka dengan membeli J-17 Thunder buatan China-Pakistan. Tetapi di sisi lain negara ini juga sedang mencari cara untuk bisa memiliki pesawat generasi kelima dari pasar internasional.

Chief of the Air Staff (CAS) Pakistan Marsekal Sohail Aman saat berbicara secara eksklusif dengan The News di Jakarta, Rabu 2 Desember 2015 mengatakan Pakistan tidak akan tertinggal dari negara lain dalammemperoleh pesawat siluman. Bahkan dia mengaku telah membuka negosiasi dengan Amerika serikat untuk kemungkinan bisa membeli pesawat F-35 Lighting II.

Pakistan Air Force (PAF) dapat melengkapi pesawat generasi kelima dalam lima tahun ke depan. Salah satu alasan Pakistan harus mengejar pesawat generasi kelima, menurut Marsekal Sohail Aman adalah rencana India untuk  mengakuisi Rafale meski jumlahnya turun drastis dari 126 hanya menjadi 36.

“Saya tidak mengakui Rafale sebagai pesawat generasi kelima karena fitur-fiturnya yang terbatas pesawat generasi keempat itu,” katanya.

Keinginan Pakistan untuk bisa memiliki F-35  jelas bukan jalur yang mudah. Negara ini dikenal dekat dengan China. Sementara Amerika sangat berhati-hati dalam menjual teknologi ke negara-negara yang memiliki koneksi baik dengan Beijing. Meski selama ini Pakistan bisa memiliki akses untuk memiliki F-16, tetapi untuk pesawat siluman sepertinya situasinya akan sangat berbeda.

Loading...

 

Loading...
Facebook Comments