For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Angkatan Darat Paling Mematikan di Asia

Tank Commander Sgt. Waldon Williams of D Company, 3rd Battalion, 116th Heavy Brigade Combat Team, fires the main gun of his Abrams M1A2 System Enhanced Package (SEP) Tank, Aug. 22, during the unit's three-week annual training at the Orchard Training Center, Idaho. More than 500 Soldiers with the Oregon Army National Guard took part in the training designed to test their combat readiness. (Photo by U.S. Army Maj. Wayne (Chris) Clyne, 115th Mobile Public Affairs Detachment, Oregon Army National Guard)

Negara mana di Asia yang memiliki tentara paling mematikan? Lagi-lagi ini pertanyaan yang jawabannya tergantung pada siapa yang ditanya. Tentu masing-masing akan berbeda jawabannya tergantung orang itu berasal dari mana.

Militer Asia akhir-akhir ini terus menjadi sorotan karena terjadinya perlombaan senjata terkait sejumlah konflik antar negara. Hampir semua negara ramai-ramai mengisi arsenal mereka. Ada negara dengan jumlah tentara besar, tetapi ada tidak terlalu besar tetapi dengan teknologi tinggi, ada yang jor-joran belanja. Nah dari berbagai hal itu kita akan lihat tentara mana di Asia yang masuk dalam lima paling mematikan.

pla-world-affairs-board

1. China

Sepertinya semua orang setuju untuk menempatkan China di peringkat pertama. Mengingat negara ini memang gila-gilaan dalam membangun kekuatan militer mereka beberapa tahun ini. Dengan perkiraan kekuatan personel aktif 1,6 juta dan 9.000 tank, Tentara Pembebasan Angkatan Darat Rakyat adalah yang terbesar berdiri tentara di dunia.

Sayangnya untuk tetangga China dan lawan potensial, kuantitas China didukung oleh kualitas. Cina memproduksi banyak senjata sendiri, termasuk tank, kendaraan tempur infanteri dan artileri. Mungkin kualitasnya tidak selalu yang terbaik. Tapi apakah itu masalah jika Tipe 99 tank Cina tidak sebagus M-1 Abrams? Atau jika seorang tentara China mungkin tidak seperti yang terlatih atau memimpin sebagai Marinir AS? Jika mereka didukung dengan kemampuan tinggi dan teknologi mutakhir maka China akan membuat semua negara harus berpikir keras untuk berkonflik dengannya.

Pasukan besar China akan menjadi ancaman dalam perang darat konvensional bagi Vietnam atau Rusia, meskipun kemampuannya untuk menghadapi Taiwan atau Jepang akan lebih bergantung pada kekuatan angkatan laut dan udara.

2. Rusia

Facebook Comments