For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Rusia Kirim 14 Jet ke Crimea, NATO Galau

Su-27 yang dikirim Rusia ke Crimea
Jet Rusia yang tiba di Crimea
Jet Rusia yang tiba di Crimea

Rusia telah mengirimkan sedikitnya 14 jet tempur untuk berbasis di Crimea, NATO pun galau dengan menyebut tindakan ini sebagai hal  yang sangat berbahaya.

Komandan militer NATO memperingatkan militerisasi Rusia dari wilayah Crimea dicaplok dapat digunakan oleh Moskow untuk melakukan kontrol di seluruh wilayah Laut Hitam. “Kami sangat prihatin dengan militerisasi Crimea,” kata Komandan NATO Jenderal AS Philip Breedlove konferensi pers di Kiev Rabu 26 November 2014. “Kemampuan yang sedang dipasang di Crimea akan membawa efek pada hampir seluruh Laut Hitam.” (BACA: INILAH TAMPILAN 14 JET TEMPUR RUSIA DI PANGKALAN CRIMEA)

Breedlove, komandan pasukan Amerika di Eropa, mengatakan bahwa pelayaran dan permukaan-ke-udara rudal dipasang di semenanjung, yang disita Rusia dari Ukraina pada bulan Maret, akan mampu memberikan pengaruh atas wilayah strategis.

Dia mengatakan bahwa aliansi pimpinan AS itu mengawasi indikasi di tengah kekhawatiran atas kemungkinan bahwa Rusia bisa bergerak setiap arsenal nuklirnya ke Crimea.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Rabu bahwa mereka telah dikerahkan batch 14 jet militer ke Crimea, sebagai bagian dari skuadron 30 yang akan ditempatkan di semenanjung itu.Ukraina sendiri dianggap telah membuat Rusia marah besar dengan menyatakan ia berharap ingin bergabung dengan NATO.

 

Sumber: Defense News

Facebook Comments