For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kerap Bermasalah, Mesin Su-30 MKI Akan Dimodifikasi

Su-30MKI

SU-30MKI AIRPLANEPesawat tempur garis depan Angkatan Udara India, Sukhoi-30MKI akan dimodifikasi di bawah spesifikasi baru yang ditetapkan oleh produsen Rusia. Modifikasi ini untuk memperbaiki masalah udara mesin di armada tersebut.

Langkah ini dilakukan setelah IAF menghadapi sejumlah kegagalan mesin selama dua tahun terakhir sejak Januari 2102 dan meminta Rusia untuk memperbaiki masalah tersebut. Angkatan Udara India memiliki 200 pesawat Sukhoi dan 72 lainnya sedang dalam perjalanan dari Moskow. Pesawat ini menjadi andalan operasi udara India untuk mendominasi langit.

Modifikasi akan dilakukan di pabrik mesin Sukhoi HAL di Orissa. HAL adalah usaha sektor publik yang dimiliki oleh Departemen Pertahanan India. Mesin yang dimodifikasi pertama akan diuji pada pesawat, sebelum dipasang pada seluruh armada selama18-24 bulan ke depan.
Rusia telah meyakinkan India bahwa modifikasi akan menghilangkan masalah kegagalan udara.

Su-30MKI adalah pesawat bermesin ganda dan bisa mendarat bahkan jika salah satu mesin gagal. Tapi ini membatasi kemampuan pilot untuk menyerang atau menarik selama konflik. Sebanyak empat Su-30MKI sejauh ini jatuh karena induksi sejak 1997. Seorang pilot meninggal dalam kecelakaan pertama tahun 2009.

Su-30MKI menikmati superioritas udara karena mesinnya. Dalam penerbangan horisontal, dapat terbang pada 2.400 kmph atau mencapai tingkat pendakian dari 230 meter per detik. Pesawat ini berbasis di Bathinda, Halwara, Sirsa, Bareilly, Jodhpur dan Bhuj di Utara dan Barat, dua skuadron yang berbasis di Tezpur dan Chabua di Timur.
Skuadron lain berbasis di Selatan untuk menambah kekuatan armada Angkatan Laut India dari Mig29-K dan Sea Harriers kapal induk INS Vikramaditya dan INS Viraat.

Sumber: defencenews.in

Facebook Comments