For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Dengar Tangis Bayi, Gajah Berhenti Mengamuk

gajah-ngamukHasil penelitian Karen McComb dan Dr Graeme Shannon dari Universitas Sussex, Inggris, tentang kemampuan gajah mengenali manusia benar-benar terbukti. Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences edisi Senin (10/3) menyebutkan gajah dapat mengidentifikasikan jenis kelamin dan usia seseorang berdasarkan suaranya.

Seekor gajah dewasa yang tengah menyerang rumah penduduk di Desa Olgara, Distrik Purulia, Bengal Barat, India, tiba-tiba berhenti karena ia mendengar tangis bayi dari rumah tersebut. Memang, di kawasan itu kerap kali terjadi konflik antara manusia dan gajah. Bahkan, tak jarang menimbulkan pertumpahan darah.

Seperti dilaporkan Times of India, Rabu (12/3/2014), menurut aparat keamanan setempat, gajah dewasa tersebut kedapatan merusak sebuah rumah dengan membobol salah satu bagian dindingnya. Namun, aksi hewan bertubuh tambun ini tiba-tiba berhenti saat ia mendengar suara tangis bayi perempuan berusia 10 bulan yang berada di dalam rumah.

“Kami menyembah Ganesha [Dewa Gajah] di desa kami. Namun, kami tak percaya bahwa gajah ini menyelamatkan putri saya setelah ia mendobrak pintu dan menghancurkan dinding rumah,” kata Lalita Mahato, ibu sang bayi.

Konflik manusia-gajah telah meningkat dalam beberapa tahun di daerah ini. Penggunaan lahan untuk permukiman telah memblokade rute migrasi gajah. Hal ini membuat gajah secara rutin menyerang peternakan dan permukiman warga

Facebook Comments