For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Brasil Beli HMS Ocean Inggris dengan Harga Murah

HMS Ocean

Inggris telah dilaporkan telah menyelesaikan penjualan kapal amfibi helikopter HMS Ocean ke Brasil dengan harga yang sangat murah. Inggris melepas dengan harga  kurang dari sepertiga dari biaya yang dihabiskannya untuk membangun kapal tersebut.

Angkatan Laut Brasil jelas menjadi pemenang besar dalam kesepakatan tersebut, yang secara efektif mengakhiri kepemilikan Angkatan Laut Inggris pada kapal pembawa pesawat  sampai kapal induk HMS Queen Elizabeth memasuki layanan operasional.

Defence Journal Inggris melaporkan pada Selasa 2 Januari 2018, Menteri Pertahanan Brasil Raul Jungmann telah mengkonfirmasi pembelian tersebut pada bulan Desember 2017. Brasil akan membayar hampir US$ 115 juta atau sekitar Rp1,5 triliun untuk HMS Ocean, namun tidak jelas apakah biaya tersebut akan mencakup reparasi atau perbaikan kapal atau tidak .

Inggris belum secara resmi menandatangani kontrak kapal tersebut, yang diperkirakan akan dilakukannya pada 2018, namun rumor penjualan tersebut terjadi pada Maret 2017.

Kepala Angkatan Laut Brasil, Laksamana Eduardo Leal Ferreira, sebelumnya menggambarkan label harganya dengan istilah “nyaman,”. Brasil akan mengirim personel untuk berlatih di kapal tersebut sebelum pengiriman dan empat perwira Brasil pertama dilaporkan akan tiba sebelum akhir Januari 2018.

Tidak sepenuhnya jelas bagaimana Brazil akan mengintegrasikan kapal tersebut ke dalam angkatan laut mereka. Pada bulan Februari 2017, angkatan laut negara itu akhirnya melepaskan satu-satunya kapal induk mereka, São Paulo, setelah lima hampir lima tahun mencoba mengembalikannya ke layanan.

Ocean tidak akan mampu mengakomodasi pesawat sayap tetap yang telah terbang dari kapal induk Sao Paolo, seperti Skyhawks AF1. Angkatan Laut Brasil dikabarkan akan menamai kapal yang dibeli tersebut sebagai Minas Gerais, sebuah kapal induk kelas ringan Brasil di era Perang Dunia II yang juga dibeli dari Inggris pada tahun 1956 dan beroperasi sampai kedatangan São Paulo pada tahun 2001.

Namun, meski tanpa pesawat sayap tetap, Oceans dapat memberikan kemampuan penting bagi Brasil di dalam dan luar negeri. Angkatan Laut negara itu bisa menerbangkan helikopter pengangkut Super Cougar dan Super Puma milik mereka dan akan mendapatkan kemampuan anti-kapal, atau juga bisa menempatkan helikopter anti-kapal selam Super Lynx dan Seahawk dari dek kapal tersebut.

Dengan demikian, ini bisa menjadi platform pemburu kapal selam dan pengawasan laut yang lebih luas, serta juga dapat mendukung operasi bantuan kemanusiaan jika terjadi bencana alam.

Baca juga:

10 Kapal Amfibi Terbaik di Dunia

Facebook Comments