Ticonderoga, Tetap Sulit Ditandingi Hingga Menjelang Mati

Penjelajah Kelas Ticonderoga USS San Jacinto.

Tidak banyak negara yang memiliki kapal penjelajah, dan Amerika adalah salah satunya. Angkatan Laut Amerika memiliki kapal kombatan besar yang dikenal sebagai Kelas Ticonderoga.

Kelas Ticonderoga telah berkembang selama bertahun-tahun menjadi kapal perang paling canggih yang pernah ada. Desainnya didasarkan pada lambung  kapal penjelajah kelas Sprayer. USS Ticonderoga pada awalnya ditunjuk sebagai destroyer, namun desainnya didesain ulang sebagai kapal penjelajah pada tahun 1980.

Rencana awal sebanyak 28 kapal akan dibangun. Jumlah ini meningkat menjadi 30 pada masa pemerintahan Ronald Reagan tetapi kemudian dipangkas kembali menjadi 27. Kapal pertama USS Ticonderoga (CG 47) ditugaskan pada tahun 1983 dan yang terakhir adalah USS Port Royal, yang mulai beroperasi pada tahun 1994.

Ticonderoga adalah kapal tempur permukaan pertama yang dilengkapi dengan sistem senjata AEGIS yang merupakan sistem pertahanan udara yang paling disegani di dunia. Jantung AEGIS adalah radar SPY-1A. Dua radar paired phased array secara otomatis mendeteksi dan melacak kontak udara hingga 322 km (200 mil).

AEGIS dirancang untuk mengadang rudal lawan dengan memberikan senjata bereaksi cepat dan tahan melawan jamming yang diperkirakan akan dihadapi oleh kelompok tempur kapal induk Amerika.

Sistem AEGIS dapat mengendalikan pesawat teman serta menyediakan pengawasan simultan, deteksi target dan pelacakan target.  Sistem ni juga menyediakan platform komando dan kontrol terpadu untuk semua kapal di kelompok tempur.

Lima kapal pertama memiliki dua peluncur rudal kembar Mk 26 yang menembakkan rudal Standard SM2-MR. Rudal ini dirancang untuk mengatasi serangan besar-besaran rudal udara maupun yang diluncurkan kapal lawan.

Dari USS Bunker Hill (CG 52) dan seterusnya, Mk 26 digantikan dengan dua vertical launcher Mk 41. Shell 127 VLS dapat menembakkan rudal Standard, Harpoon, ASROC dan Tomahawk, sehingga memberi kapal kemudian kemampuan untuk menyerang target di udara, darat, permukaan laut serta bawah air.

Sejak 2006, 22 kapal kelas Ticonderoga yang masih bertahan diperbaiki dan akan menerima rudal permukaan ke udara  Standard SM-2 Mod 4 yang baru, dua peluncur rudal RAM dan juga radar baru.

Kapal penjelajah kelas Ticonderoga dibangun untuk mendukung dan melindungi kelompok tempur kapal induk, kelompok amfibi dan untuk melakukan misi serangan. Kapal kelas ini telah terlibat di sebagian besar operasi Angkatan Laut Amerika Serikat dalam dua dekade terakhir.

Kini kapal-kapal tersebut akan segera memasuki masa pensiun. Secara bertahap mulai 2020, kapal akan dinonaktifikan secara bertahap. Tetapi mereka akan tetap menjadi kapal terbaik dan sulit dilawan sampai menjelang kematiannya.

Facebook Comments

Translate »