CF-105 Avro Arrow, Jadi Legenda Meski Dibatalkan

LEGENDA

cf-105_1

 

Tapi legenda Arrow tidak mati dengan pembatalan. Karena keadaan yang terkait dengan akhir dari pesawat, termasuk penghancuran semua pesawat yang masih ada dan semua perkakas industri yang terkait dengan program ini, serangkaian konspirasi muncul mengenai penyebab kehancurannya. Banyak dari teori tersebut terkonsentrasi pada Amerika Serikat, menunjukkan bahwa Washington telah menggunakan pengaruh jahat entah untuk membunuh Arrow agar tidak menyaingi desain Amerika yang kurang maju.

Untuk hari ini, kisah CF-105 tetap hidup di hati banyak penggemar penerbangan Kanada. Beberapa masih mengklaim bahwa salah satu prototipe selamat dari kehancuran, yang (sementara sangat tidak mungkin) yang akan menjadi keuntungan besar bagi sebuah museum yang beruntung suatu hari nanti.

Pada tahun 2012, beberapa komentator menyarankan (entah serius atau tidak) pembangunan kembali Arrow sebagai pengganti F-35. Pemerintah Kanada menolak usulan tersebut. Selain itu banyak orang Kanada masih menggunakan siluet khas Arrow.

Dalam arti tertentu, Arrow telah menjadi Foxbat sebelum Foxbat yakni pencegat super dengan kinerja tinggi tetapi dengan beberapa kelemahan mencolok sebagai pesawat tempur superioritas udara.

Kemajuan teknologi bisa meningkatkan kecepatan Arrow (meskipun tidak dengan Foxbat), tapi desain memiliki banyak masalah umum untuk jet tempur generasi ketiga. Seperti Foxbat (atau F-106), Arrow akan sangat sulit melakukan serangan darat. Mengingat belokan tajam ke arah pesawat pembom tempur multirole terjadi pada 1970-an.

 

Facebook Comments